Laman

Jumat, 04 Januari 2013

Jogja (Part II)

Kayanya semuanya udah ga sabar pengen tahu kelanjutan cerita ini, hehe
terima kasih sudah mau bersabar :D
.........................
Oke, semoga cerita yang kami share ini bisa jadi referensi buat kalian yang mau mengikuti jejak kami (jyaaah ky apaan aja), ya pergi ngebolang ke luar kota, jadi independent traveler, pergi kemana aja sesuai keinginan n ga dijadwal n ga diatur-atur sama pihak travel agent.
hehe emang sih kadang-kadang suka missoriented, tapi ya lumayan lah, buat pengalaman.
........................
Well, setelah kejadian dimarahin sama penumpang itu, kami yang asalnya ketawa terbahak-bahak di kereta otomatis langsung diem. Diam, sediam diamnya (siga gaang katincak) hehe, sunyi senyap deh. Ngobrol juga jadi pelan-pelan banget, tapi swear deh waktu itu bener-bener udah ga bisa nahan buat ga ketawa. kocak abis soalnya. heuheu.
Alhasil kami cuma ngobrol-ngobrol kecil aja, obrolan kami ya macem-macem, dari mulai membicarakan hal yang ringan-ringan sampe yang berat-berat. Dari mulai ngomongin angin sampe batu, beneran deh kalau jalan-jalan sama calon scientist, apapun obrolannya pasti disangkut pautin sama ilmu pengetahuan, disambungin ke matematika, ke fisika, biologi, sampe bahasa inggris sisa-sisa pendapatan waktu Insus Gama Exacta, ikut disambungin jg, hah ada-ada aja emang.
.......................
"Hey, tong mamawa pelajaran atuh ari keur liburan mah ih." (ini iki)
"Iya ih, saya ge teu ngarti yang kalian obrolin." (kalau ini aci)
husna cuma senyum-senyum sambil nundutan
"Tah ayeuna mah mending urang ngajieun yel-yel tea." (iki lagi)
"sok kay, kay." (rere n aryo langsung nodong)

"Emh asa pramuka wae." (ikay angkat bicara)
"Bude-bude pake gerakan yang ini aja" (sambil menggerakan sepuluh jari di depan dagu, gerakan yang no cat no rat no sweety mouse gitu)
"Ah iya bener-bener, urang ganti kata-katanya, jadi 'karoket, bala-bala, kabeh ngeunah'." (ini pasti ikay)
"Haha si Ikay, kenapa tangannya mesti kaya gitu." (Ini Aryo)
"Ah si Ikay Alay." (Pasti Revan nih)
"Hey, Husna mah ngantuk ih, tidur duluan yah, ntr di shift"an aja ya."
"Ya sok duluan aja, ntr pas husna bangun, kita yang tidur ya."
"Iya pokonya jangan semuanya tidur deh."
"Ah iki jg mau tidur sekarang ah."
"Nya heg"
Sebelum tidur, seperti biasa iki melakukan ritual : pergi ke wc, (gatau udah berapa wc yang ia jelajahi semenjak pergi dari cianjur-padalarang-stasiun hall bandung-dalam kereta) :)
Husna n iki pun terlelap, tersisa Saya, Fitri, Aci, Aryo n rere yang masih melek.
..............................
Saya memutuskan untuk jalan-jalan di dalam kereta, melihat penumpang di gerbong lain, liat wc nya dll. Sesudahnya, saya bertukar posisi dengan Aci. Nah dari sini cerita baru dimulai.
Saya dan Aci juga fitri yang notabene anak pramuka, ngobrol-ngobrol masalah jalan-jalan ke gunung, pengalaman pergi ke gunung, latihan pramuka dll (kali ini Aryo n rere yang udah mau tepar, serasa di nina boboin, soalnya ga semua ngerti apa yang kami obrolin, hehee), tapi itu semua berakhir ketika salah seorang dari kami yang "keceplosan" cerita pengalaman temannya, nyepetin sejadi-jadinya, sontak Rere n Aryo yang tadi udah mau tepar langsung jadi 100 % lagi,
semangat 45 dengerin cerita bocah-bocah yang keceplosan. Kata mereka sih keceplosan, tapi masa sih sampe satu jam? (keceplosan ngomongin siapa sih? aaah ada deeeeeh, iki n husna aja ga tau apa yang kami obrolin, haaah suruh siapa tidur) hahahahaa.
Nah setelah sesi keceplosan ini, hawa-hawa ngantuk udah mulai merasuki jiwa kami :D akhirnya Aryo n Revan tepat duluan. Saya, Fitri dan Aci belum berani tidur, soalnya iki n husna masih juga tidur, kita kan udah janji buat giliran jagain barang.
...............................
Gak kerasa waktu sudah menunjukkan pukul 23.50, entah berapa stasiun persinggahan telah kami lewati dan entah berapa pedagang pula yang masuk ke kereta kami.
Betapa bahagianya kami ketik melihat ke jendela, kembang api meledak di angkasa memebelah gulitanya malam,
"Woy, woy kembang api woy, banguuun !"
"Hah mana?" (sabari nundutan)
"Selamat Tahun baru yah !"
"Hah? iya iya." (rere n Aryo tidur lagi) #cape deeeeh
Karena udah ga tahan pengen istirahat, akhirnya kami bertiga pun ikutan tidur, dinyanyiin sama pedagang yang berteriak, mison mison miso, aqua mison aqua, pocari, mison aqua, pop mie pop mie mison, nasi ayam nasi ayam, zzzzzzzzzzzz (mison = Mizone, :D), nah jadi yang jagain barangnya siapa? (so pasti ga ada hahaa, iki n husna yang dari awal udah tidur duluan, ternyata ikut tidur juga n ga bangun-bangun).
Sebenernya was was juga sih kalau tidur, soalnya takut banget kalau barang-barang kita tiba-tiba ilang, atau kita kebablasan tidur, kan gawat !
Akhirnya tepar juga
Kemesraan di Kereta :D
.............................
Jam 03.05  saya terbangun (lilir meureun nya), Hah? dimana ini? pas liat tiket, ooh kami masih punya waktu, karena di tiket dijadwalkan kita akan sampai di stasiun tugu pada pukul 03.41, tapi dimana ini? saya hanya mendengar suara, 'wates, wates' hah? dimana tuh wates?
"Ini dimana key?" (husna bangun)
"Wates na, dmana itu teh?"
"Wah ini udah masuk jogja, yu siap-siap stasiun berikutnya tugu."
"Wah masa? emmh, alhamdulillah g kebablasan."
Iki, rere, Aryo, Fitri, Aci, semuanya otomatis bangun, kami langsung bersih-bersih diri (cuma minum sih sama cuci muka pake tisu basah :D)
"Ci, tisu ci tisu." (yang ini fitri)
"Nih."
Semuanya mengelap muka n tubuh dengan tisu basah, wooooooooooow sel-sel mati berwarna hitam menempel di sana :D hehe
..............................
Jam 03.41, kami sampai di stasiun Tugu, Kota Jogjakarta, weeeeeeiiish JOGJAAAAAAAA :D
walapun masih ngumpulin nyawa, tetep eksis dulu, :D Foto - foto (biar sedih ):D

At Stasiun Tugu 03.41
Masih ngumpulin nyawa, tetep eksis :D

kami langusng bergegas ke toilet n mushola, ngapaian aja ke toilet? giat pribadi dong, yang pasti ini part yang paling iki tunggu, ketemu toileeet :D
..............................
Abis bersih-bersih n sholat subuh, ngantuk juga ya, diluar juga gerimis, brrr makin dingin aja, akhirnya kami memutuskan untuk rebahan sejenak. Asyik tidur lagi :D

tepar lagi di stasiun
............................
HARI I : Minggu, 1 Januari 2012
Oke, perdebatan muncul lagi, abis dari stasiun mau kemana lagi? pulang ke kosan dulu kah? ke imogiri dulu kah baru ke malioboro? atau puas-puasin jalan-jalan d malioboro dulu terus nyimpen barang? atau gmn?
Untungnya Husna g pernah lepas kontak dari mas nya, akhirnya kita disarankan untuk menitipkan barang-barang di locker stasiun, trus kita bisa bebas deh jalan-jalan di malioboro. Usul di terima ! :D
Kami langsung menitipkan barang-barang kami di locker, ternyata satu locker juga cukup, secara gitu lockernya gede banget, bisa menampung 5 - 10 tas ukuran sedang seperti yang kami bawa. Harganya cuma Rp. 15.000 aja untuk satu locker, waktunya terserah kita, kalau mau agak lama, ya nambah lagi deh cost nya. :D
Oke, barang-barang sudah dititipkan, kami hanya membawa barang-barang pribadi yang sekiranya dibutuhkan n g bisa dititipkan, plus makaaanaaaan :D
.............................
Pas keluar stasiun , Oh tidaaaaaaaaaaaak ternyata pagi itu jogja diguyur hujan, emh ga asyik banget yah hari pertama di jogja langsung disambut hujan. Kami tidak patah arang, karena mungkin ini rezeki :D Kami tidak mau menyianyiakan waktu di jogja. Pagi itu kami memutuskan untuk terus berjalan, dan akhirnya sampai juga di Jl. Malioboro, jalan yang pasti wajib di foto kalo ke Jogja, tapi sayang cuaca buruk memaksa kami untuk tidak berfoto dulu waktu itu. Kami berjalan di trotoar jalan malioboro, sembari menikmati suasana jogja di pagi hari. Belum banyak toko yang buka, bahkan memang belum pada buka, hanya segelintir pedagang saja yang mulai membuka lapaknya.
Agenda kita pagi itu adalah Sarapan Pagi, masih pusing juga mau makan apa n dimana, akhirnya diputuskan makan Soto. Masih bingung juga makan dimana, soalnya takut kemahalan n hujan yang sempat menghambat langkah kami. Well, Sebuah warung nasi soto sederhana di pinggiran malioboro menjadi pilihan kami, kami memesan 4 Soto ayam dan 3 soto sapi. Minumnya? ah ntar juga suka dikasih air teh. Tapi ternyata, air tehnya ga gratis pemirsa, kita harus bayar lagi.
Oke deh, mumpung di Jogja, di Cianjur mah g ada yg ky beginian. :D

Menu makanan di warung soto

Sambil nunggu makanan, foto - foto lagi :D

At Warung soto

Satu porsi Nasi Soto Ayam dijual dengan harga Rp. 6000 dan Nasi Soto Sapi Rp. 7.000, Satu gelas Teh manis panas dijual dengan harga Rp. 3000
ya bisa hitung sendiri deh, total kita makan berapa pagi itu.
Alhamdulillah semangkok nasi soto dan segelas teh manis panas cukup menghangatkan badan kami pagi itu, yang penting kenyaaaaang :D
....................................
Ternyata hujan belum juga reda, kami sempat bingung mau kemana lagi.
Ya, kembali ke rencana yang sudah dibicarakan, kita akan keliling jogja naik trans jogja :)
Trans Jogja itu mirip-mirip Trans Jakarta, cuma lebih pendek aja, n ga punya jalur sendiri. Kita memilih rute IA Tiketnya cukup murah, hanya Rp. 3000 ke semua tujuan perjalanannya ditempuh dalam waktu 2 jam. Rutenya : Malioboro - Bandara Adisucipto-Terminal Prambanan-JEC-Tugu-Stasiun Tugu-Malioboro. Puas banget deh keliling-keliling disana, soalnya dalam perjalanan itu, kami melewati banyak tempat-tempat terkenal, seperti monumen Serangan Umum, Taman Pintar, Ambarukmo Plasa, Kampus UIN Sunan Kalijaga, gedung-gedung penting di Jogja dll.
OKe our favourite moment, foto-foto lagi :D

at Trans Jogja :D

Alhamdulillah, selama di Trans Jogja suasanya nyaman, adem lagi, sampe-sampe nunudutan :D
pas turun dari TJ, ooow ooow malioboro macet sodara-sodara, akhirnya kami memutuskan untuk turun di halte depan stasiun tugu. Gak nyangka cuaca berubah sangat cepat #efekrumahkaca, tadi pagi tuh masih gerimis, eh siangnya udah panaaaaaaaaaas banget.
Kesampean juga foto di sini, bagus ya :D

Pemirsa, dikarenakan banyak banget cerita hari pertama ini, so, kynya saya akan merangkumnya aja deh, silahkan dismak, Letscekidot (baca: Let`s Check This Out) :
  • Karena males jalan kaki, kami memutuskan untuk sewa sepeda ontel. Kami menyewa di subuah kawasan di Malioboro, tepatnya di daerah sarkem. (eiits jangan suudzon dulu) harganya Rp. 20.000/sepeda/24jam (asyiiik kan) n KTP Aci yang jadi jaminan :D 5 sepeda disewa: 3 ontel 2 sepeda mini (khusus aku n husna :D)
  • Gowes ke Jalan Malioboro - Keraton - Tugu - Pasar Bringhardjo - stasiun tugu - Sarkem bikin kulit jadi lebih eksotis :D
  • Ikay hampir keserempet motor pas lag maui foto" di stasiun, n aci hampir ketabrak pas mau nyebrang #Allah masih melindungi kita :D
  • Ternyata Jalan dari arah keraton menuju malioboro itu satu arah, so kita harus muter dulu kalau mau ke tugu -.-"
at tugu
  • Pulang dari tugu (abis foto-foto nih), perut udah mulai kontraksi minta diisi, mulai deh bingung mau makan apaan, karena lama memutuskan makan dimana n sama apa n harganya berapa, ada yang menyarankan makan di KFC aja biar cepet, usul disetujui, dan ternyata pemirsa KFC penuh buangeeeeeet. Antrenya luaaama. Yo wis lah daripada kelaparan. 7 ayam 7 nasi 5 pepsi dan 2 frestea bonus 2 sundae n CD Album Kompilasi (sebenernya boleh milih, daripada ambil CD edii Natal, mending ambil CD Variuos Artist aja deh). Setelah jumlah jamleh total kita makan Rp. 148.000 jadi perorang dikenakan biaya Rp. 21.000 (WAAAAAAW) . . abis lama sih
at KFC
  • Keluar KFC ternyata malioboro hujan lagi, tapi kita nekat gowes ke Bringhardjo (demi memenuhi pesenan orang rumah :D)
  • Keluar pasar Bringhardjo hujan semakin deras #panik ga bisa pulang soalnya barang-barang kita masih di stasiun n kita harus mengembalikan sepeda secepatnya. Tapi kita nekat gowes menembus hujan menuju stasiun (padahal kita bawa payung loh, tp ya gimana mau pake payung,kita kan naik sepeda :D), soalnya hari sudah gelap. Aryo rere iki dengan stelan sontognya (baru beli di bringhardjo n langsung diganti di tempat parkir, hehe), plus helm ninja dari kantong kresek, siaaap meluncur.
  • Ikay Gowes sambil nyeker soalnya salah pake sendal :D
  • Fitri, husna n aci juga ikutan pake helm ninja
  • Di perjalanan menuju stasiun kita dibilang "WONG EDAN" (secara gitu lagi hujan sesepedahan pake stelan gitu lagi), tapi ada juga yang menyemangati, "Ayo mas Semangat mas" :D #makasih
  • Nyampe stasiun juga diliatin orang (ah cuek aja, ga akan ada yg kenal ko :D)
  • Beres ngembaliin sepeda, kami harus berpisah. yang putra ke kosannya mas woki di sekitar UGM, dan yang Putri ke Imogiri (rumah bulenya husna), tapi kita masih bareng naik TJ 3A, yang putra turun di Singabian, yang putri ke Terminal Giwangan
  • Kami yang putri ketinggalan bis di terminal Giwangan menuju Imogiri, soalnya wktu sudah menunjukkan pukul 19.30, akhirnya kita naik taksi aja. (cukup alot juga penawarannya, karena lagi hujan tukang taksi jadi rada manja, ongkosnya naik 2x lipat, heeemmmh gpp deh yang penting bisa nyampe rumah n istirahat. #makasih mas hafidz ----- ---> mas nya Husna )
  • Alhamdulillah kami telah sampai di tujuan masing-masing n langsung bersih bersih (keramas pake kuah indome, haha engga lah) n sholat trus tiduuurrr zzzzzzzzt >_
Wow hari pertama di Jogja n hari pertama di tahun 2012 udah kami lewati dengan extra ordinary banget, unforgettable banget deh.
Pelajaran yang bisa diambil di hari I :
  1. Harus cepat ngambil keputusan biar ga jadi efek domino
  2. Gak usah ke Jogja kalau mau makan di KFC ehhe ^^V
  3. Kynya harus tau ramalan cuaca
  4. Tanya dulu harga sebelum makan
  5. Tawar harga semurah-murahnya kalau lagi belanja di malioboro
  6. Hari berikutnya harus lebih hemat :D
Hari pertama selesaaaaaaaaaaaaai, panjang juga yah :D
Tujuan kita ke Jogja masih banyak loooh, saya belum cerita perjalanan ke UMY, UNY n UGM, yang pastinya seru buaaanget,
So tetep sabar ya nunggu cerita selanjutnya :D

*to be continued*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar